Mari Beri Masukan untuk Kurikulum 2013!

Posted on Updated on

Uji publik kurikulum 2013 sudah berjalan tepat dua pekan, baik lewat roadshow maupun situs resmi secara online. Melalui laman resmi uji publik kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bermaksud untuk melibatkan masyarakat dalam uji publik.

Pemberian masukan akan ditutup bersamaan dengan selesainya jadwal uji publik pada 23 Desember mendatang. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah masyarakat yang aktif membuka situs draf kurikulum baru tersebut tercatat mencapai 6.172 orang hingga 10 Desember lalu dan sudah ada 3.132 orang yang memberi komentar.

Mendikbud M Nuh berulang kali menegaskan bahwa kementerian akan menerima masukan yang ada untuk menyempurnakan wujud kurikulum 2013 sebelum benar-benar diterapkan dalam dunia pendidikan nasional pada medio tahun depan.

Nuh pun mengakui rencana untuk membukukan komentar-komentar yang diterima sepanjang pelaksanaan uji publik kurikulum 2013.

“Jadi nanti ada bukti sejarah bahwa saat penyusunan kurikulum ini ada uji publik dan masyarakat ikut dilibatkan,” kata Nuh di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Selasa lalu.

Sepanjang pengamatan Kompas.com, Sabtu (15/12/2012) pagi, berbagai jenis masukan menghiasi kolom komentar di bawah bahan uji publik yang dicantumkan oleh kementerian.

Banyak yang memuji langkah pemerintah untuk merombak kurikulum, namun tak sedikit pula yang kontra karena menilai materi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sudah memiliki materi yang bagus. Pihak kontra menilai, kelemahan pelaksanaan terjadi karena kualitas guru yang tak kunjung dibenahi oleh Kementerian.

Sejumlah komentar mengkhawatirkan minimnya muatan pendidikan moral dalam kurikulum 2013. Sebagian lagi juga mempertanyakan muatan lokal, seperti bahasa daerah, seni dan budaya serta bimbingan dan konseling.

Komentar masyarakat ditunggu karena kurikulum ini akan menentukan laju kehidupan masyarakat di masa depan. Setelah itu, masyarakat bisa saksikan, pemerintah mau mendengar pendapat publik atau menjadikan uji publik ini sebagai formalitas belaka.

Apakah Anda sudah memberi masukan untuk kurikulum 2013?

sumber : http://www.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s