Tips Cara Belajar yang Efektif

Posted on Updated on

Belajar mendadak untuk menghadapi ulangan atau ujian  memang  tidak baik.  Selain tidak Efektif dan Efesien kamu juga akan merasa kelelahan dalam mengejar materi pelajaran yang kamu mau pahami. sebaiknya disini Paling tidak sebulan sebelum ulangan kamu mesti mengulang pelajaran..Bahkan,  tiap kali kita pulang sekolah sebaiknya pelajaran yang di dapat di pelajari kembali. kalau kalian sudah menerapkan ini niscaya materi yang banyak bukan menjadi masalah berat.

nah, ini  ada  sembilan  langkah pandai agar waktu belajar kita jadi efisien.

1.   Mengerti bukan menghapal!

Ya, manfaat utama mengapa kita mesti belajar yaitu memahami perihal baru. kita bisa hapal 100% seluruh materi pelajaran, namun yang lebih mutlak yaitu apakah kita telah tahu benar dengan seluruh materi yang dihapal itu. lantas sebelum saat menghapal, senantiasa upayakan untuk mengerti dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci belajar.

Agar kita dapat memahami, sekurang-kurangnya bacalah materi baru 2 x dalam 1 hari, yaitu sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh bapak dan ibu guru. Dikarenakan otak telah memproses materi tersebut sejumlah tiga kali , insya Allah akan tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Perhatikan dan hafal kalimat kunci

Terkadang, mau tidak mau kita mesti menghapal materi pelajaran yang agak banyak. Sesungguhnya ini dapat diakali. Buat kalimat kunci dari tiap-tiap hapalan, agar gampang diingat pada waktu otak kita memanggilnya. contoh, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi yaitu mejikuhibiniu, berarti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila serta ungu.

4. Tentukan waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang sangat enak yaitu pada saaat badan kita sehat dan segar. Memang tidak seluruh kita mempunyai waktu belajar  enak yang sama. Namun umumnya, pagi hari adalah waktu yang pas untuk berkonsentrasi penuh.  Sisa-sisa energi dapat dipakai untuk mengulang pelajaran mengerjakan PR.

5. Buat situasi belajar yang nyaman

Banyak hal yang dapat bikin situasi belajar jadi nyaman.  contoh, Kita dapat memutar  lagu yang cocok dengan mood dan kesukaan kita. Tempat belajar juga dapat kita cocokkan. Kalau kamu bosan belajar  di kamar dapat pindah ke teras  atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai  kegiatan belajar kita terasa nyaman.

6. Bentuk kelompok  belajar
Bila sedang bosan belajar  sendiri,  kita dapat belajar  bersama  dengan teman. Tak perlu banyak-banyak, nantinya tidak efesien. Paling banyak lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari oleh  tiap-tiap orang. Kemudia tiap-tiap orang dengan bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke semua teman  yang lain. Situasi belajar  seperti  ini umumnya seru, serta kita dijamin akan sulit untuk mengantuk.

7. Latih sendiri kemampuan kita

Sesungguhnya kita dapat melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada tiap-tiap akhir bab pelajaran, biasanya diberikan soal-soal latihan. Tanpa butuh menanti instruksi dari bapak dan ibu guru, cobalah jawab seluruh pertanyaan tersebut serta periksa sejauh mana kemampuan kita. Bila materi jawaban tak ada di buku, coba bertanya ke bapak dan ibu guru. guru.

8. Kembangkan materi yang telah dipelajari

Bila kita telah mengulang materi serta menjawab seluruh soal latihan, janganlah segera tutup buku. Coba kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buat sebagian pertanyaan yang belum diikutkan  dalam soal latihan. Minta tolong bapak dan ibu guru untuk menjawabnya. Bila belum puas, cobalah  jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Langkah ini mengajak kamu untuk senantiasa berpikir ke depan serta dan kritis.

9. Siapkan waktu untuk istirahat

belajar bisa keras dan kencang, namun janganlah lupa untuk istirahat. Bila di kelas, gunakan waktu istirahat dengan baik, misal Tiap-tiap  30-45 menit waktu belajar  kita di rumah kamu selingi dengan istirahat. Bila pikiran telah jemu, sia-sia saja memaksakan diri. Sesudah istirahat, badan jadi fresh serta otak pun siap terima materi baru.
Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian yaitu mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk mengerti materi pelajaran di sekolah. Tak hanya menjawab soal-soal latihan, ada langkah lain untuk mengetes apakah kita telah memahami satu materi atau belum. Cobalah kita terangkan dengan kalimat sendiri tiap-tiap materi yang telah dipelajari. Bila kita dapat menerangkan dengan jelas serta teratur, tidak butuh detil, berarti kita telah memahami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s